-->
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 Februari 2013

Antara Domain dan Hosting


Orang awam only, jadi mohon maaf kalo kalian udah advance di bidang internet ada baiknya kalian close halaman ini, atau pindah ke judul lain. Karena yang akan gue bahas disini adalah bahasan yang tergolong basic. Atau kalau kalian tetap masih mau membacanya, gue harap kalian mau mengoreksi lagi tulisan gue ini, barangkali masih ada kesalahan.


What the maksud of domain?

www.facebook.com, www.google.com, gue yakin kalian pasti pernah membuka url tadi. Bahkan mungkin saat ini pun kalian masih membukanya di tab lain. Termasuk saat lo sampai di blog gue ini, lo udah mengakses www.silenceangel.com.

Jadi sebenarnya apa itu www.facebook.com? Kenapa .[dot]com? kenapa ada .net? .org? apa bedanya? Oke, itu namanya domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat dari suatu server komputer di internet.
Internet menterjemahkan domain sebagai suatu alamat yang akan membawa kita mengakses data dari suatu server yang kita tuju. Sebagai contoh: coba kalian paste url ini di address bar http://173.194.38.161 kemudian tekan enter. Hasilnya akan sama dengan jika kalian menuliskan alamat http://www.google.com . Kenapa bisa begitu?? Karena www.google.com adalah nama lain dari http://173.194.38.161, bakalan lebih gampang ngapalin www.google.com daripada yang berupa angka-angka tadi, ya ga?



What the maksud of webhosting?

Kalau domain adalah nama dari suatu alamat, nah hosting atau webhosting adalah tempat dimana file-file yang akan kita tuju/tampilkan berada. Kenapa kita perlu webhosting? Padahal kalau sekedar nyimpen file dan data-datam, di komputer sendiri juga bisa. Hemm… oke, bisa-bisa aja, tapi itu kalau emang lo nggak pengen data di komputer lo bisa diakses dari manapun, siapapun. Kecuali komputer lo terhubung dengan internet dan berfungsi sebagai komputer server.
Ada beberapa macam jenis server/hosting. Tapi gue ga bahas itu sekarang :D

Kita kembali ke domain dan hosting. Gue kasih contoh simpel, anggap aja domain adalah nomer HP dan handphone adalah hosting. Lo nggak akan bisa memanggil/menelpon sebuah handphone sampai nada deringnya berbunyi tanpa adanya nomer yang terpasang n bisa dihubungi.

Lo bisa pindahin nomer lo ke hape manapun, dan ketika lo coba menelpon ke nomer tersebut, hp yang akan bunyi adalah yang lo pasangin nomer. Sama seperi domain dan hosting, lo bisa alihin domain lo ke hosting mana aja, karena domain hanyalah nama. Untuk nada deringnya seperti apa, itu tergantung dari settingan masing-masing hp. Kira-kira seperti itu lah gambaran singkatnya.

Sebelum gue lanjut ke postingan selanjutnya tentang bagaimana cara membuat website dengan domain dan hosting gratisan, gue harap sampai disini lo udah bisa ngebedain antara domain dan hosting.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Materi TKJ

Materi TBB