-->
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 Februari 2013

Membuat Server Local


Di tengah kegalauan yang sedang melanda gue malam ini, gue coba mau ngeshare pengetahuan newbie gue tentang cara membuat localhost di komputer kita. Oia, malam ini gue galau bukan karena jomblo, tapi karena gue lagi kangen sama Luna Maya. Iya luna maya, atau biasa gue panggil luna, gue pernah maen, jalan-jalan, bahkan tidur bareng dia (serius). Tapi sekarang.. ah sudahlah, lain kali aja gue bahas soal luna maya. Masih galau, nyesek, kangen, terbelenggu rindu kelabu menggebu-gebu di langit yang biru.

Oke, jadi disini yang gue pake adalah komputer windows 7, mungkin di OS lain hampir sama tapi karena gue emang belom pernah nyoba jadi mending yang pasti-pasti aja, dan software yang mau gue pake adalah XAMPP, walaupun tidak menutup kemungkinan kalian bisa pake software lain juga sih.  Sebelumnya sedikit gue jelasin dulu, buat yang belom ngerti mungkin tentang apa itu localhost. Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya. Bisa disebut juga sebagai perangkat yang digunakan untuk membangun webserver di komputer kita. Jadi gini, kalian tau hosting kan? Kalau belom tau silahkan baca postingan gue yang ini. Sebuah website pasti memiliki webserver yang berfungsi sebagai interface dan/atau tempat menyimpan data yang ada di website tersebut. Nah, dalam tutorial kali ini kita coba membuat komputer kita agar bisa berfungsi sebagai server lokal. Lokal disini maksudnya yaitu server di komputer kita ini hanya bisa diakses dari komputer itu sendiri, atau dengan kata lain menggunakan address 127.0.0.1 (http://localhost).


localhost
Sangat berguna manakala kita sedang membuat website dimana kita bisa mencoba script ataupun lainnya di komputer lokal sebelum nantinya diupload di hosting website kita.
Banyak orang bilang teori lebih mudah daripada praktek, tapi untuk kali ini gue anggap praktek lebih mudah daripada teori yang gue sendiri pun sebenarnya nggak ngerti, wkwkwk. Jadi langsung aja siapin

Bahan-bahan:
Seperangkat komputer/leptop, pastikan kreditnya udah lunas
Download XAMPP disini atau disini
Udah
Lalu caranya:
Install XAMPP

Tunggu proses
Setelah proses ekstrak selesai ntar ada command prompt

Enter

Enter
Tekan enter aja terus, sampai ke command berikut

Exit aja
untuk yang terkahir itu langsung aja tekan ‘x’ kemudian enter untuk menutup command promptnya.
Buka XAMPP control panel dari start menu
Klik tombol start Apache dan MySql

Klik Start Apache dan MySql

Udah jalan
Buka browser kemudian ketik ini di address bar 127.0.0.1 kemudian tekan enter.  Taraaaaaaa tatatat tarataratara.. selamat... wkwkwk

Nyomot dr gugel ini
Halaman yang terbuka untuk pertama kali adalah halaman index yang ada di folder htdosc dari direktori xampp kalian. Oleh karena itu hapus dulu file index.html dan index.php yang ada di folder htdocs (drive:\xampp\htdocs). Setelah itu silahkan diutak atik sendiri, bisa install wordpress, joomla, dll. Untuk mengkonfigurasi database, settingan ada di folder xampp (http://127.0.0.1/xampp/) pilih phpmyadmin.

Oke segitu dulu aja, insya Allah di postingan gue selanjutnya mau gue bahas cara biar website di localhost kita bisa diakses dari internet dimanapun. CMIIW


0 komentar:

Posting Komentar

 

Materi TKJ

Materi TBB